Pages

irwan emang irwan On Rabu, 29 September 2010

Daihatsu Terios dan Toyota Rush, dua kendaraan yang berasal dari satu pabrik sama-sama memperkenalkan line-up terbarunya, yaitu transmisi otomatis termurah. Untuk Terios, varian TS atau versi paling bawah—selama ini hanya menggunakan transmisi manual—kini ditawarkan versi otomatis. Hal yang sama dilakukan Toyota pada Rush. Kalau selama ini otomatis hanya untuk tipe S, kini juga sudah ada untuk tipe G.
Kedua produk yang sama-sama membidik segmen SUV low level memiliki perbedaan harga yang cukup lumayan. Terios dengan transmisi otomatis termurah dijual Daihatsu seharga Rp 166,6 juta, sedangkan Rush seharga Rp 198.200.000.
Keduanya menggunakan mesin yang sama, yaitu 1,5 liter. Kemampuan mesin menghasilkan tenaga juga sama, yaitu 109 PS@ 6.600 rpm. Sedangkan torsi 14,4 khm @ 4.400 rpm. Kendati demikian, masing-masing merek menggunakan nama yang berbeda untuk mesinnya, kendati menggunakan teknologi yang sama, yaitu 4-silinder, DOHC dan VVT-i, Daihatsu menyebut mesinnya 3SZ-VE, sedangkan Toyota IL4.
Terios TS Matic. Versi aslinya, TS manual, dijual Daihatsu dengan harga Rp 152.900.000. Jadi, konsumen Terios yang ingin kenyamanan dan kemudahan mengemudikan harus menambah dana Rp 13,5 juta untuk versi TS Matic.
Dibandingkan dengan saudaranya, Rush, kenaikan Terios lebih besar. “Namun, kita menambahkan AC (single blower) dan sidestep,” jelas Toto Suryana. Kendati demikian, harga Terios Matic termurah ini masih di bawah Rush tipe G manual, Rp 188.200.000.
Sementara itu, Terios TX otomatis yang ditawarkan Daihatsu dalam dua varian saat ini dijual masing-masing TX Adventure seharga Rp 202.850.000 dan Deluxe seharga Rp 192.400.000. Perbedaan harga yang cukup mencolok itu terjadi karena adanya fitur dan perlengkapan yang berbeda.
Rush G Matic. Rush tipe G manual dihargai Rp188.200.000, sedangkan versi otomatis Rp198.200.000. Jadi, Toyota hanya menaikkan harga Rp10 juta. Penyebabnya, Toyota cuma mengganti transmisi saja. Sebelumnya, Toyota hanya menawarkan Rush transmisi otomatis untuk tipe S dengan harga Rp211.300.000.
Rush tipe S dengan transmisi otomatis lebih mahal karena mobil ini juga dilengkapi dengan ABS, EBD, dua airbag, dan setir berlapiskan kulit.

Toyota Rush vs Daihatsu Terios
Pilih mana? Kalau melihat harga, tentu saja Terios lebih menarik. Kendati demikian, harga tersebut sangat dipengaruhi oleh fitur dan tambahan perlengkapan pada setiap merek dan tipe. Dalam hal ini, Toyota memberikan fitur dan kelengkapan lebih banyak. Akibatnya, harga menjadi lebih mahal. Hal yang sama juga dilakukan Daihatsu, misalnya, pada TX transmisi otomotis untuk varian Deluxe dan Adventure.
Jadi, bila Anda sudah tertarik dengan kedua produk bersaudara ini dan belum bisa memastikan mana yang akan dipilih, sebaiknya lihat langsung wujud fisiknya, terutama detail perlengkapan eksterior dan interior.
Namun yang pasti, transmisi otomatis memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengemudi menghadapi kondisi lalu lintas di kota-kota besar yang semakin macet!
Spesifikasi mesin Terios dan Rush:
  • Kapasitas: 1.495 cc
  • Sistem bahan bakar: Injeksi elektronik
  • Daya maks: 109 @ 6.000 rpm
  • Torsi maks: 14,4 @ 4.400 rpm
  • Kapasitas tangki bensin: 45 liter

0 komentar:

Posting Komentar